Skip to main content

Kuliah Jurusan Peternakan Dapat Apa?

    
Jangan menilai buku dari covernya, mungkin ini salah satu ungkapan yang cocok untuk orang awam yang menilai kalau sekolah ataupun kuliah jurusan peternakan selalu berkaitan dengan kotoran dan bau. Meskipun banyak pandangan yang kurang mengenai jurusan peternakan tapi masih banyak orang yang berminat dijurusan ini. Jurusan peternakan bukan hanya berkecimpung di tempat yang kotor saja sebenarnya, jurusan peternakan juga mempelajari ilmu dari berbagai bidang lain contohnya, dalam pelajaran ternak kita juga mempelajari fisiologi dan anatomi yang mana itu merupakan pelajaran anak jurusan IPA, kemudian ada pelajaran usaha agribisnis yang mana itu merupakan pelajaran jurusan ekonomi, mendapatkan kemampuan manajemen yang dipelajari oleh jurusan manajemen, adapula sejarah dan budaya peternakan yang mana itu pelajaran jurusan sosial budaya dan masih banyak lainnya. 

    Mengapa masih banyak orang yang berminat untuk bersekolah atau kuliah di jurusan peternakan ? Hal ini dapat dari minat orang itu sendiri bahwa passionnya ada di peternakan, ada yang dari hobbi, ada karena keinginan, bahkan ada yang masuk ke jurusan peternakan karena terpaksa atau jurusan. Masuk ke jurusan peternakan tidak akan ada kata menyesal, meski bukan passion maupun minatnya jurusan ini sangat berguna untuk bekal memperoleh pekerjaan maupun menciptakan usaha, karena usaha dibidang agribisnis masih mempunyai prospek yang sangat cerah. 

    Jurusan peternakan memberikan banyak ilmu yang bagi saya itu merupakan ilmu pasti dan dapat diterapkan dalam kehidupan. Ketika kita sudah masuk ke jurusan peternakan mau tidak mau kita harus bertemu dengan peternak-peternak untuk memperoleh ilmu tambahan, dalam proses interaksi dengan peternak kadang kita juga mendapatkan bonus berupa pelajaran hidup dari peternak maupun ilmu dan ide yang lain yang jarang ditemukan saat kegiatan belajar dikelas. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia peternakan kita menyadari bahwa suatu hasil akan berbanding lurus dengan proses yang dilakukan sama halnya seperti memelihara ternak akan menghasilkan yang maksimal dengan pemeliharaan yang baik. 

    Di masa sekarang ini dunia pertanian dan peternakan merupakan kunci untuk keberlangsungan hidup orang, karena semua pangan pokok di Indonesia merupakan hasil dari sektor pertanian dan peternakan. Tentu sebagai generasi muda kita juga harus tetap saling mengingatkan jika negara kita merupakan negara agraris yang hidupnya negera ini dari sektor pertanian sehingga kita harus mendukung dalam pelestarian di sektor pertanian dan peternakan ini. 

Jangan malu jadi peternak karena kotornya peternak lebih mulia dari bersihnya para koruptor. Demikian opini dari saya akan saya lanjut di opini selanjutnya..

Comments

Popular posts from this blog

Ciri-Ciri Birahi Pada Kambing Dan Domba

        Mengetahui tanda-tanda birahi pada kambing maupun domba sangat penting pada usaha ternak pembibitan untuk mengetahui waktu yang tepat dalam melakukan perkawinan. Para peternak kambing domba biasanya memiliki cara tersendiri agar kambing dan domba mereka dapat melahirkan setidaknya minimal 3 ekor dalam 2 tahun. Hal ini dapat dilakukan jika pengecekan masa birahi dilakukan dengan tepat. Dara atau indukan kambing domba biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda birahi pada umur 10 bulan, tanda birahi ini akan lebih cepat muncul apabila dara atau indukan diberikan perlakuan dan perawatan bagus baik dari segi pakan hijauan dan pakan pendukung, obat-obatan, perawatan harian seperti dimandikan, di jemur sinar matahari pagi . Tanda-tanda birahi bisa diamati melalui tingkah laku kambing, ada 2   tingkah laku yang dapat dilihat untuk mengetahui bahwa kambing sedang birahi. 1.             tanda-tanda yang pertama biasanya kambing mengembik terus, gelisah, ekor sering dikibas-kib

PERSYARATAN KANDANG TERNAK YANG BAIK

                                                 Dalam usaha peternakan baik tradisional maupun secara intensif perlu adanya kandang yang menjadi tempat berlindung maupun tempat tinggal hewan ternak. kandang merupakan komponen dalam sapta usaha peternakan, yang menjadi wajib dimiliki bagi peternak yang akan menjalankan usaha bidang peternakan. dengan adanya kandang peternak jadi lebih mudah dalam mengelola usahanya.        Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai faktor-faktor apa yang mempengaruhi dalam pemilihan kandang, bagaimana bentuk atau tipenya, persyaratan apa yang perlu diperhatikan dalam membangun atau merancang, bagaimana konstruksi bangunan kandang yang baik, dan berapa kebutuhan luas kandang untuk masing-masing ternak.                                                   Kandang adalah suatu bangunan kandang yang dibangun menurut desain dan konstruksi yang benar, dimana semua persyaratan bangunan tersebut, memenuhi standar untuk kehidupan ternak, baik i

Perbedaan Ciri Kambing Dengan Domba

Bagi sebagian masyarakat luas umumnya menganggap kambing dan domba adalah hewan yang sama namun cuma berbeda namanya. Anggapan tersebut jelas salah, karena selain berbeda nama juga berbeda karakteristiknya. Meskipun sering dianggap sama namun dari nama latin sudah berbeda, yakni kambing ( Capra Hirpus ) sedangkan domba ( Ovis Aries ). Banyak orang yang menyebutkan bahwa daging kambing dan domba adalah daging yang sama. Kambing dan domba adalah dua hewan yang terkadang dagingnya disalahartikan sehingga membuat keraguan. Ada beberapa ciri yang membedakan kambing dengan domba. Berikut beberapa cirinya : Ciri fisik        Bulu kambing itu lurus dan biasanya tidak perlu dicukur, sedangkan domba memiliki bulu yang keriting, lebih tebal (gembel), dan biasanyan perlu dicukur bila sudah lebat. Perbedaan lainnya terlihat pada telinga, telinga pada kambing terjungkai ke bawah dan panjang sedangkan telinga domba menegak ke atas. Kambing jantan memiliki jenggot sementara domba tidak