Skip to main content

Ayam Joper Salah Satu Budidaya Ayam Yang digemari Peternak

Ayam Joper     

    Ayam Joper merupakan persilangan antara ayam kampung dengan ayam ras sehingga menghasilkan ayam sudah persilangan atau "super". Ayam joper memiliki karakteristik yang tentunya cukup unik yakni gabungan antara sifat ayam kampung dengan sifat ayam ras yang antara lain daya tahan tubuh cukup baik, cukup lincah seperti ayam kampung, cukup gemuk seperti ayam ras, dan memiliki sifat yang terkadang tidak disukai peternak ayam kampung yakni tidak mengerami telurnya namun meski demikian ayam tetap banyak digemari oleh peternak karena mampu tumbuh lebih cepat.

Ayam Joper
    Beberapa alasan yang membuat peternak memilih budidaya ayam joper yakni :

1. Pertumbuhan Cepat

    Pertumbuhan ayam joper yang cepat serta mampu menghasilkan daging yang kualitasnya hampir mirip dengan ayam kampung asli merupakan salah satu alasan peternak untuk membudidayakan ayam joper, namun tentu dengan konsumsi pakan yang lebih banyak serta perlu adanya pemeliharaan yang rutin membuat pemeliharaan ayam joper dilakukan secara intensif agar tidak tejadi pembengkaan pakan, karena ayam joper tentu masih memiliki karakter seperti ayam ras yang manja.

2. Pemeliharaan Mudah

    Budidaya ayam joper tidak jauh berbeda dengan budidaya ayam lainnya. Kita tentu harus mempersiapkan kandang, pakan, obat-obatan, serta perlengkapan penunjang lainnya. Kandang untuk ayam joper tidak memerlukan lahan yang luas, sama halnya dengan ayam kampung dan dapat dibuatkan untuk sistem umbaran dilokasi yang dapat dikatakan terbatas dikarenakan kemampuan ayam joper untuk beradaptasi dilingkungannya cukup baik. Pemberian pakan juga cukup dua kali sehari dengan campuran pakan berupa bekatul, jagung, dapat juga ditambah konsentrat untuk hasil ayam yang lebih cepat gemuk namun tentu dapat menyebabkan pembengkakan biaya operasional.

    Dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik dan teratur, ayam joper dapat dipanen dalam tiga bulan atau ketika sudah mendapatkan bobot yang diinginkan. Penjualan ayam joper ini dapat dipasarkan ke pasar, penjual makanan, maupun ke peternak lainnya. Dapat dikatakan budidaya ayam joper cukup menguntungkan meskipun masih peternak pemula karena perawatan dan pemeliharaan yang tidak rumit dan cukup mudah. Namun ada beberapa kalangan mengatakan bahwa ayam joper menyebabkan kerusakan genetika pada ayam kampung asli apabila tejadi perkawinan silang, sehingga peternak sebaiknya lebih bijak dalam membudidayakan ayam joper ini, karena sifat ayam kampung asli yang dapat mengerami telurnya tidak boleh sampai hilang. 

    Perlu diperhatikan dalam budidaya ayam joper harus bijak dan tidak mengganggu ekosistem ayam kampung asli yang ada didaerah sekitar kandang.

   

Comments

Widya said…
saat ini usaha peternakan ayam banyak digaungi oleh masyarakat karena budidaya nya mudah

Popular posts from this blog

Ciri-Ciri Birahi Pada Kambing Dan Domba

        Mengetahui tanda-tanda birahi pada kambing maupun domba sangat penting pada usaha ternak pembibitan untuk mengetahui waktu yang tepat dalam melakukan perkawinan. Para peternak kambing domba biasanya memiliki cara tersendiri agar kambing dan domba mereka dapat melahirkan setidaknya minimal 3 ekor dalam 2 tahun. Hal ini dapat dilakukan jika pengecekan masa birahi dilakukan dengan tepat. Dara atau indukan kambing domba biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda birahi pada umur 10 bulan, tanda birahi ini akan lebih cepat muncul apabila dara atau indukan diberikan perlakuan dan perawatan bagus baik dari segi pakan hijauan dan pakan pendukung, obat-obatan, perawatan harian seperti dimandikan, di jemur sinar matahari pagi . Tanda-tanda birahi bisa diamati melalui tingkah laku kambing, ada 2   tingkah laku yang dapat dilihat untuk mengetahui bahwa kambing sedang birahi. 1.             tanda-tanda yang pertama biasanya kambing mengembik terus, gelisah, ekor sering dikibas-kib

PERSYARATAN KANDANG TERNAK YANG BAIK

                                                 Dalam usaha peternakan baik tradisional maupun secara intensif perlu adanya kandang yang menjadi tempat berlindung maupun tempat tinggal hewan ternak. kandang merupakan komponen dalam sapta usaha peternakan, yang menjadi wajib dimiliki bagi peternak yang akan menjalankan usaha bidang peternakan. dengan adanya kandang peternak jadi lebih mudah dalam mengelola usahanya.        Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai faktor-faktor apa yang mempengaruhi dalam pemilihan kandang, bagaimana bentuk atau tipenya, persyaratan apa yang perlu diperhatikan dalam membangun atau merancang, bagaimana konstruksi bangunan kandang yang baik, dan berapa kebutuhan luas kandang untuk masing-masing ternak.                                                   Kandang adalah suatu bangunan kandang yang dibangun menurut desain dan konstruksi yang benar, dimana semua persyaratan bangunan tersebut, memenuhi standar untuk kehidupan ternak, baik i

Perbedaan Ciri Kambing Dengan Domba

Bagi sebagian masyarakat luas umumnya menganggap kambing dan domba adalah hewan yang sama namun cuma berbeda namanya. Anggapan tersebut jelas salah, karena selain berbeda nama juga berbeda karakteristiknya. Meskipun sering dianggap sama namun dari nama latin sudah berbeda, yakni kambing ( Capra Hirpus ) sedangkan domba ( Ovis Aries ). Banyak orang yang menyebutkan bahwa daging kambing dan domba adalah daging yang sama. Kambing dan domba adalah dua hewan yang terkadang dagingnya disalahartikan sehingga membuat keraguan. Ada beberapa ciri yang membedakan kambing dengan domba. Berikut beberapa cirinya : Ciri fisik        Bulu kambing itu lurus dan biasanya tidak perlu dicukur, sedangkan domba memiliki bulu yang keriting, lebih tebal (gembel), dan biasanyan perlu dicukur bila sudah lebat. Perbedaan lainnya terlihat pada telinga, telinga pada kambing terjungkai ke bawah dan panjang sedangkan telinga domba menegak ke atas. Kambing jantan memiliki jenggot sementara domba tidak