Skip to main content

Pengertian Silase dan Cara Membuat Silase Rumput Odot

        Silase - Pakan merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam usaha budidaya ternak dengan pakan yang berkualitas membuat ternak lebih cepat untuk berproduksi baik daging maupun susu. Untuk memenuhi kebutuhan hidup ternak dibutuhkan ketersediaan pakan yang selalu terjaga. Jenis pakan yang umum diberikan pada ternak kambing adalah rerumputan dan dedaunan atau hijauan, dedak, konsentrat dan vitamin atau suplemen tambahan. Namun ketersediaan hijauan apabila selalu diberikan pada ternak lama-lama akan habis dan terjadi kekurangan hijauan terutama pada musim kemarau yang menyebabkan dedauan dan rumput menjadi kering maupun berguguran sehingga perlu alternatif lain agar ketersediaan hijauan tetap terpenuhi.
        Untuk memenuhi pakan hijauan pada musim kemarau dibutuhkan inovasi untuk membuat hijauan tetap awet, salah satu inovasinya adalah dengan membuat silase untuk pakan ternak kambing dan domba. Silase adalah pakan ternak berupa awetan hasil fermentasi berkadar air tinggi dan tidak mengalami perubahan berarti pada kandungan nutrisi. Dengan memanfaatkan melimpahnya hijauan saat musim hujan dengan diawetkan untuk persediaan pada musim kemarau dapat mencegah kekurangan pakan pada ternak sehingga ternak lebih cepat untuk berproduksi.
        Cara membuat silase cukup mudah, hal yang perlu diperhatikan adalah silo atau tempat menyimpan silase dan tempat fermentasi dari silase itu sendiri harus dalam keadaan anaerob atau tertutup tanpa udara.

Bahan-bahan  dan alat- alat yang diperlukan untuk membuat silase ini dari yang pernah saya praktekkan yaitu :

1. Rumput Odot

2. Molasses atau tetes tebu 3% dari bahan atau rumput

3. Dedak halus 5% dari bahan atau rumput

4. Em4 30 ml

5. air dengan perbandingan 1:2 dengan tetes tebu

6. Drum berpenutup untuk silo

7. Plastik besar

8. Penyiram tanaman atau gembor

9. Ember

10. Arit atau alat pencacah lainnya (chopper)


Langkah membuat silase dari yang pernah saya praktekkan adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan rumput odot, kemudian potong atau dicacah hingga kecil-kecil. Lalu dikeringkan hingga kadar air sekitar 60% atau jika digenggam tidak terlalu basah tidak terlalu kering. Pengeringan ini berguna agar hijauan tidak cepat rusak selama proses penyimpanan.
  2. Campurkan molasses dengan air dengan perbandingan molasses:air 2:1 dan beri tambahan EM4 sebanyak 30ml atau secukupnya. Kemudian diaduk hingga rata.
  3. Campurkan rumput odot dengan dedak halus hingga rata sambil disiram menggunakan penyiram tanaman atau gembor hingga merata semuanya. 
  4. Masukkan campuran rumput tersebut kedalam silo atau drum dengan dipadatkan agar tidak ada rongga udara yang tersisa didalam drum. kemudian dilapisi dengan plastik sebelum ditutup agar tidak ada udara yang masuk. kemudian tutup rapat dengan penutup drum. 
  5. Silase dapat dibuka setelah 6-8 minggu, silase yang akan diberikan pada ternak harus diangin-anginkan terlebih dahulu. 
    Pembuatan Silase oleh mahasiswa polbangtan magelang
    Silase yang baik memiliki ciri-ciri yakni bau dan rasa asam tidak manis, fisik warna mendekati warna asli, tekstur jelas : tidak menggumpal, tidak lembek, tidak berlendir, tidak mengelupas, tidak berjamur. Dengan hasil silase yang baik dan sesuai ciri-ciri tersebut maka silase dapat disimpan hingga 1-2 tahun dengan perlakuan yang tepat yakni dengan mengambil rumput silase secukupnya sesuai kebutuhan ternak jangan sering-sering membuka silo dan menutup silo kembali dengan rapat agar silase tidak rusak. 

Comments

Popular posts from this blog

Ciri-Ciri Birahi Pada Kambing Dan Domba

        Mengetahui tanda-tanda birahi pada kambing maupun domba sangat penting pada usaha ternak pembibitan untuk mengetahui waktu yang tepat dalam melakukan perkawinan. Para peternak kambing domba biasanya memiliki cara tersendiri agar kambing dan domba mereka dapat melahirkan setidaknya minimal 3 ekor dalam 2 tahun. Hal ini dapat dilakukan jika pengecekan masa birahi dilakukan dengan tepat. Dara atau indukan kambing domba biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda birahi pada umur 10 bulan, tanda birahi ini akan lebih cepat muncul apabila dara atau indukan diberikan perlakuan dan perawatan bagus baik dari segi pakan hijauan dan pakan pendukung, obat-obatan, perawatan harian seperti dimandikan, di jemur sinar matahari pagi . Tanda-tanda birahi bisa diamati melalui tingkah laku kambing, ada 2   tingkah laku yang dapat dilihat untuk mengetahui bahwa kambing sedang birahi. 1.             tanda-tanda yang pertama biasanya kambing mengembik terus, gelisah, ekor sering dikibas-kib

PERSYARATAN KANDANG TERNAK YANG BAIK

                                                 Dalam usaha peternakan baik tradisional maupun secara intensif perlu adanya kandang yang menjadi tempat berlindung maupun tempat tinggal hewan ternak. kandang merupakan komponen dalam sapta usaha peternakan, yang menjadi wajib dimiliki bagi peternak yang akan menjalankan usaha bidang peternakan. dengan adanya kandang peternak jadi lebih mudah dalam mengelola usahanya.        Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai faktor-faktor apa yang mempengaruhi dalam pemilihan kandang, bagaimana bentuk atau tipenya, persyaratan apa yang perlu diperhatikan dalam membangun atau merancang, bagaimana konstruksi bangunan kandang yang baik, dan berapa kebutuhan luas kandang untuk masing-masing ternak.                                                   Kandang adalah suatu bangunan kandang yang dibangun menurut desain dan konstruksi yang benar, dimana semua persyaratan bangunan tersebut, memenuhi standar untuk kehidupan ternak, baik i

Perbedaan Ciri Kambing Dengan Domba

Bagi sebagian masyarakat luas umumnya menganggap kambing dan domba adalah hewan yang sama namun cuma berbeda namanya. Anggapan tersebut jelas salah, karena selain berbeda nama juga berbeda karakteristiknya. Meskipun sering dianggap sama namun dari nama latin sudah berbeda, yakni kambing ( Capra Hirpus ) sedangkan domba ( Ovis Aries ). Banyak orang yang menyebutkan bahwa daging kambing dan domba adalah daging yang sama. Kambing dan domba adalah dua hewan yang terkadang dagingnya disalahartikan sehingga membuat keraguan. Ada beberapa ciri yang membedakan kambing dengan domba. Berikut beberapa cirinya : Ciri fisik        Bulu kambing itu lurus dan biasanya tidak perlu dicukur, sedangkan domba memiliki bulu yang keriting, lebih tebal (gembel), dan biasanyan perlu dicukur bila sudah lebat. Perbedaan lainnya terlihat pada telinga, telinga pada kambing terjungkai ke bawah dan panjang sedangkan telinga domba menegak ke atas. Kambing jantan memiliki jenggot sementara domba tidak